Minggu, 11 Juli 2010

White Balance (WB)




Sebelum menentukan jenis White Balance (WB) pada kamera anda harus memahami pengertian suhu warna yang dinyatakan dalam derajat Kelvin(K). pada umumnya terdapat tiga suhu warna yang sering Anda temui, yaitu:

  • Daylight, dengan karakter normal seperti yang dilihat oleh mata anda, dengan karakter putih. Suhu warna= 5.500 K
  • Tungsten, dengan karakter kekuningan hingga kemerahan. Suhu warna = 1.000 – 5.000 K
  • Flourescent, dengan karakter kebiruan. Suhu warna= 6.000 – 20.000 K

Semakin tinggi suhu warna akan semakin kebiruan cahaya yang dipancarkan, dan semakin rendah suhu cahaya semakin merah cahaya yang dipancarkan.

Pengaturan White Balance kamera pada prinsipnya adalah mengatur kepekaan sensor image terhadap suhu warna lingkungan, agar warna objek yang putih tetap menjadi puti pada hasil foto. Mengingat cara kamera menangkap warna berbeda dengan cara mata anda meangkap warna. Kecuali untuk keperluan,mood, dan tone warna yang special, pengaturan white balance tidak memenuhi kaedah tersebut. Untuk memudahkan anda dalam mengingat pasangan warna yang menghasilkan warna putih.


Secara umum kamera dilengkapi oleh setting WB yang sudah ditetapkan oleh pabrik kamera sesuai dengan kondisi pemotretan umum. Misalnya dapat anda liat pada kamera, ada pilihan Auto WB, Daylight, Tungsten, Cloudy, Warm, dsb. Pilihan WB pada kamera berdasarkan kondisi pemotretan biasanya menghasilkan warna foto yang akurat. Jika tidak berarti ada kesalahan dalam pemilihan menu WB. Gunakan Auto White Balance (AWB) untuk hasil yang optimum, jika anda blm dapat menaksir suhu warna lingkungan, atau gunakan Costum WB dan kalibrasikan pada bidang putih atau bidang Grey sebelum melakukan pemotretan.


Kamera yang dilengkapi dengan Kelvin WB, membantu anda dalam hal pemotretan studio. Terkadang lampu studio yang anda gunakan memiliki suhu cahaya yang tidak tepat dengan pilihan WB pada kamera. Dengan Kelvin WB, anda dapat menaik turunkan derajat Kelvin WB tepat sesuai temperature cahaya lampu studio yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar