Sabtu, 21 Agustus 2010

what is exposure....

exposure The inter-related and specific settings used to capture a given image, including shutter speed, aperture, and ISO.

Dalam istilah fotografi, imaji yang terlalu terang disebut over exposure, sebaliknya yang terlalu gelap disebut under exposure.

Bagaimanakah cara mengetahui berapa kombinasi antara diafragma dan shutter speed yang tepat pada waktu kita akan memotret?

Cahaya adalah dengan menggunakan alat pengukur cahaya atau yang biasa disebut light meter yang ada pada kamera. Kita bisa melihat petunjuk/indicator light meter tersebut melalui jendela bidik(viewfinder) kamera, atau melalui layar LCD pada badan kamera. Indicator light meter mempunyai bentuk yang bermacam-macam, ada yang berbentuk jarum, lampu LED, dan berbentuk digit (lihat ilustrasi jenis-jenis indicator light meter).

Pada jendela bidik kamera terdapat lightmeter yang berfungsi untuk menunjukkan kepada anda apakah cahaya yang diukur oleh kamera cukup (0), kurang (-) atau berlebih(+). Lightmeter ini juga digunakan untuk ukuran kompensasi eksposure.

Cara pemakaiannya pun sebenarnya sama saja. Bila jarum atau lampu LED pada posisi ”0” diantara tanda + (plus) dan – (minus), berarti kombinasi antara diafragma dan shutter speed tersebut akan menghasilkan imaji yang lebih terang(over exposure) dari imaji normal. Dan jika posisi jarum atau lampu LE berada pada posisi – (minus), maka kombinasi diafragma dan shutter speed tersebut akan menghasilkan imaji yang lebih gelap (under exposure).

Kompensasi eksposure harus dilakukan pada kondisi obejk yang tidak sama terangnya dengan latar belakang, mengingat sebagian besar kamera akan melakukan metering dengan mengukur daerah yang paling terang terlebih dahulu. Apabila objek terlihat lebih gelap daripada latar belakang, anda perlu menambah cdengan kompensasi positif. Bila objek tidak terlalu terang daripada latar belakang. Anda perlu mengurangi cahaya dengan kompensasi negative. Istilah kompensasi yang di gunakan “stop”.

Saat memotret objek gelap, kamera akan melakukan metering dan mengira objek under-exposure, kamera akan menambah eksposure, dan objek menjadi terlalu terang. Oleh karena itu perlu penguranagn jumlah cahaya dengan cara kompensasi minus beberapa stop.

Saat memotret objek yang putih, kamera akan melakukan metering dan mengira objek over-exposure, kamera akan mengurangi eksposure, sehingga objek menajdi terlalu gelap. Oleh karenanya, perlu penambahan jumlah cahaya dengan cara kompensasi plus beberapa stop.

mau tau apa itu exposure liat aza videonya ->Download Here<-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar