Sabtu, 04 September 2010

Gaya fotografi


Ketika berbincang dengan fotografer yang lebih berpengalaman, sering sekali saya diberi nasihat untuk mencari gaya fotografi yang unik. Dulu ketika mendengarkan nasihat ini, saya bingung bagaimana cara mencari gaya tersebut. Tapi baru-baru ini saya baru mengerti bahwa mencari gaya yang unik itu tidak lain tidak bukan adalah menjadi diri sendiri atau istilah kerennya, be yourself.

Pada dasarnya, tiap manusia adalah mahkluk yang unik, kita dilahirkan dengan temperamen yang berbeda-beda, dan juga dibesarkan di lingkungan yang berbeda. Maka dari itu, apa yang kita sukai juga beda, termasuk di dalam fotografi.

Meski kelihatannya sederhana, tapi mencari keunikan diri sendiri cukup susah, karena kita banyak terpengaruh dengan lingkungan sekeliling kita. Maka itu, kita harus banyak mencoba bermacam-macam jenis fotografi, dari pemandangan, potret, pernikahaan, fashion, komersial/iklan, produk dan sebagainya.

Kita harus berani jujur dengan diri sendiri, misalnya dalam fotografi pernikahan, jangan-jangan karena sekarang yang populer gaya candid, maka kita memaksakan diri mengikuti gaya tersebut, sedangkan hati kecil kita lebih suka gaya pose tradisional. Demikian juga pengolahan foto misalnya HDR atau black and white.

Terkadang, kita menemukan tokoh fotografi baik jaman dahulu atau sekarang yang menginspirasi kita. Saya anjurkan untuk mempelajari filosofi dan teknik yang mereka gunakan. Yang saya tidak sarankan adalah menjiplak gayanya secara utuh, tapi sesuaikanlah dengan kepribadian Anda sendiri.

Dengan memiliki gaya yang unik, tentunya tidak akan semua orang suka, tapi Anda akan menarik sejumlah penggemar yang kuat dan setia, selain itu kesuksesan Anda dalam bidang fotografi akan lebih terbuka.

Contoh praktis untuk pemula untuk bereksplorasi:

  • Selalu pakai lensa lebar, atau lensa telephoto
  • Selalu memakai bukaan f/4
  • Selalu foto hitam putih
  • Selalu foto dengan kamera saku atau ponsel
  • Selalu foto dengan gaya candid

dan sebagainya..Semoga sukses menemukan gaya yang paling cocok untuk Anda.

by info fotografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar