Sabtu, 04 September 2010

Jenis file: RAW & JPG

File RAW adalah file hasil rekaman kamera yang murni, belum diproses dan belum dikompresi. Karena itu, file RAW adalah jenis file yang optimum. File RAW menyimpan detail foto maksimal sehingga ukuran file tipe ini pun jauh lebih besar daripada jenis JPG.

File ini perlu diproses lagi oleh Anda di dalam software pengedit gambar seperti Adobe Photoshop, Lightroom atau software yang diikutsertakan bersama kamera digital Anda. Sekilas, gambar yang terekam agak buram dan kurang kontras, tapi Anda dapat menyetel kontras, ketajaman, warna dan eksposur sehingga foto yang diperoleh menjadi optimal.

Tidak semua kamera digital memiliki fasilitas merekam gambar dalam tipe RAW. Hanya kamera saku advance dan digital SLR yang memiliki fasilitas ini.

File JPG adalah file yang telah diproses dan dikompresi sehingga tidak memakan tempat penyimpanan yang besar dalam media penyimpanan Anda. Proses JPG ini biasanya bisa dikendalikan dalam setting kamera seperti picture style, atau picture control, dimana Anda bisa menentukan tingkat ketajaman, intensitas warna dan sebagainya.

Karena file JPG cukup kecil dibandingkan dengan RAW, dan proses JPG oleh kamera digital modern sudah cukup baik, maka banyak profesional yang mulai beralih untuk merekam gambar dengan jenis JPG. Bila Anda sering mengambil foto secara berturut-turut seperti saat mengambil gambar olahraga, atau subjek yang bergerak, saya menyarankan mengunakan file JPG sehingga kamera kartu memori anda bisa menyimpan sebagian besar file dengan cepat. thanks to info fotografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar